Fungsi Transistor

 Fungsi Transistor


Transistor
Transistor



Treansistor yaitu satu elemen elektronik yang berperan sebagai saklar elektronik . Kerjanya hampir mirip dengan teknisi switch. sebagian besar perangkat elektronik memakai transistor sebagai komponennya.

Pada umumnya , transistor adalah sebuah elemen dalam elektronik yang dibuat dari beberapa bahan semikonduktor dan memiliki 3 buah kaki. Masing-masing kakidikatakan sebagai pangkalan , pengumpul, dan emitor.

Peranan transistor sendiri adalah adanya perkuat arus listrik yang masuk ke dalam hal . Peranan ini berkebalikan dengan resistor yang berperanan menahan arus listrik. Selain itu ada banyak peranan transistor yang penting anda kenal .

Berikut ada banyak peranan transistor, salah satunya :


1. Sebagai Saklar

Peranan transistor yang pertama sebagai pujian . Umumnya mekanisme kontrol memakai arduino atau tipe mikrokontroller yang lain , memakai transistor sebagai switch atau support . Sebagai contoh mengatur relay AC dengan arduino . Pada ini, tegangan output arduino tidak mengatur relai AC. Apa lagi bila di sambungkan akan langsung mengakibatkan kerusakan pada arduino tersebut . Karena itu , kita membutuhkan transistor sebagai saklar . 


Baca Juga Fungsi Dioda


2. Sebagai Driver Motor DC

Peranan transistor yang terdeteksi pada mekanisme kontrol sebagai driver atau pengontrol motor DC. Motor DC akan mati atau menyala bila keadaan transistor pada kondisi saturasi atau terputus. Bukan hanya on off saja, transistor ini juga bisa berperan sebagai pemasti arah perputaran motor DC.


3. Sebagai Pembangkit Signal Flip-Flop

Peranan transistor yang lain yakni sebagai pembangkit sinyal flip-flop. Pada aplikasi flip-flop ada dua transistor. Di mana led pada gambar di bawah akan hidup dan padam secara berganti-gantian . Pemicu led dan padam atau pembangkin signal pada kehidupan ini dikarenakan RC pada alam akan adanya .


4. Sebagai Penguat Arus

Transistor secara umum dipakai sebagai penguat arus pada kekuatan suplai regulator . Umumnya ini dipakai untuk suplai daya arduino atau mikrokontroller lain. Agar dapat dipakai sebagai penguat arus, transistor harus dibiaskan tegangannya pada pangkalan secara stabil . Ini dilaksanakan agar emitor keluar dengan besaran tegangan permanen.


5.Transistor Gerbang Logik 

Gerbang logik sebagai hal dasar dalam suatu hal digital. Program atau contoh implementasi peranan transistor sebagai gerbang nalar ada di sebuah IC (integrated Cirkuit ) yang bisa diketemukan pada elemen komputer , seperti RAM. Dalam suatu IC itu berisi juta-an gerbang nalar yang memiliki peranan kompleks dan pokok dalam sebuah komputer RAM .



LihatTutupKomentar