Fungsi Doida

 Fungsi Doida


Doida
Doida



Saat sebelum mengulas langkah kerja atau peran Dioda , kami akan mengulas hal makna kata Dioda agar tidak ada pertanyaan di masa depan saat Anda kebingungan . Jika ingin , dapat disebut Dioda elemen elektronik yang didalamnya terdapat dua elektroda, yaitu anoda dan katoda.

Dioda sendiri sebagai kata majemuk yang maknanya secara harfiah: "dua elektroda" . Maka , dioda adalah susunan elektroda N (katoda) dan susunan P (anoda) - N negatif, dan P positif. Ada Berbagai Jenis Dioda yang kesemuanya memiliki fungsi dan peranan masing-masing.

Pada keluarga komponen semikonduktor, Dioda adalah elemen elektronik sebuah dasar yang termasuk mudah simpel .

Memiliki bentuk seperti tabung vakum dengan 2 buah elektroda yang bahan pembikinnya dari semi konduktor. Bahan yang dipakai biasanya berbentuk silikon atau germanium.

Meskipun susunannya sederhana , Dioda memiliki bermacam -macam peranan yang termasuk sulit . Kami ingin menguraikannya dengan simpel dan mudah diolah untuk evaluasi . _ Dioda umum dipakai sebagai penyearah gelombang AC jadi DC karena menggunakan yang disebut sebagai pembatas batas dari kutup Katode.


Baca Juga Fungsi Resistor


1. Diola Berperan Sebagai Snuber Relay AC

Dioda dapat dipakai sebagai perlindungan induksi yangdiharapkan relai. Umumnya , relai berisi banyak belitan yang beralih menjadi medan magnet saat listrik mengucur , bukan hanya itu , pada relai belitan ,umumnya tersimpan arus listrik. Keadaan ini membahayakan dan dapat menyebabkan kerusakan . Untuk penangkalan , dioda umumnya diberi pada relai, maka relai tetap aman. Bukan hanya itu , transistor pengontrol relay semakin lebih aman karena ada dioda di belitan .


2. Diola Terpasang pada Serangkaian Monitor DC

Karena monitor DC ada belitan , peran dioda di sini lebih kurang sama. Monitor DC memiliki belitan yang dapat beralih menjadi magnet saat mengucur listrik. Maka Dioda adalah pengaman yang diatur agar tidak ada masalah saat bekerja .


Baca Juga Makna Kode Dioda Zener


3. Diola Berperan Sebagai Perlindungan Input Kebalik DC

Diola sering dipakai sebagai perlindungan masukan tegangan DC di beberapa hal . Mengapa harus ? Tidak disangkal , human error adalah dari banyak pemicu kerusakan pada alat kelistrikan. Dengan terpasangnya dioda, karena kesalahan manusia bisa dikurangkan , lebih muncul kembali saat muncul suplai daya dan disambungkan mekanisme mekanisme . Pikirkan , satu dioda saja bisa selamatkan keseluruhnya mekanisme dari kesalahan manusia, lho .


4. Diola Berperan Sebagai Proteksi

Koneksi Lebih Pada alat elektronik yangmemiliki tegangan tinggi, harus hukumnya untuk memasangkan dioda . Kerap kali ,kelebihan kelebihan apa lagi saat pertama kali dihidupkan kembali. Contohnya adalah H dioda bridge yang berada di driver motor yang ada tegangan paku.


LihatTutupKomentar